Download  Temukan Beragam Destinasi Liburan Dalam 1 Aplikasi. Download Sekarang!   Get it on Google Play Get it on Appstore
Whatsapp

Tips of Korean Winter Street Snacks


Sering terasa lapar sewaktu musim dingin saat traveling di Korea? Jangan khawatir, karena akan banyak terlihat jajanan di jalanan Korea pada waktu musim dingin. Makanan ringan musim dingin yang terpopuler di negara Korea yaitu seperti ubi jalar panggang, chestnut panggang, hoppang biasanya ditemukan di supermarket kecil atau toko-toko lainnya.



Makanan ringan ini sudah ada di Korea sejak waktu yang sangat lama sebelum kemajuan teknologi pertanian disana meningkat, dan karena negara Korea mempunyai empat musim, makanan ringan ini disajikan untuk menghangatkan penikmat makanan disana saat musim dingin. Bahkan dengan teknologi maju dalam sumber makanan, makanan ringan ini tetap muncul dan dinikmati banyak orang karena kelezatannya. Jika Anda berkunjung ke negara Korea pada musim dingin, berikut adalah pilihan jajanan jalanan saat di Korea.




  1. Bungeoppang

    Bungeoppang (Ingeoppang)

    Makanan ini yang disebut juga sebagai Hwanggeum Ingeoppang atau ikan emas yang berbentuk bun, terbuat dari adonan tepung terigu dan tepung beras ketan yang di isi dengan pasta kacang merah. Bungeoppang mempunyai tekstur lebih kenyal saat dimakan dari pada Hoppang karena tepung beras ketannya. Tukang roti Bungeoppang dapat dilihat di seluruh jalanan Seoul yang biasa harganya sekitar ?2000 per bungkus nya.



  2. Hoppang

    Hoppang

    Makanan Hoppang di negara Korea adalah sebagai tanda bahwa musim dingin di Korea telah tiba. Meskipun tidak ada alasan untuk Hoppang menjadi cemilan khusus saat musim dingin, makanan ini tidak terlihat di setiap musim lainnya. Hoppang terbuat dari gandum adonan tepung yang di isi dengan pasta kacang merah dan tambahan berbagai jenis sayuran, pizza, kari, dll. Biaya makanan ini yaitu sekitar ?500 - ?700 dan dapat ditemui di berbagai toko atau supermarket kecil.



  3. Ubi Jalar dan Chestnut Panggang

    Chestnut Panggang

    Chestnut adalah kacang pada musim gugur dan ubi jalan matang ada pada bulan November. Dengan demikian, akhir musim gugur dimulai dengan chestnut panggang dan ubi jalar panggang. Kentang manis panggang biasanya dipanggang di atas api panas dalam tong besi besar. Meskipun harga bervariasi tergantung pada ukuran, biasanya harganya sekitar ?2000 per tiga kentang manis panggang.

    Ubi jalar panggang lebih manis daripada ubi jalar kukus, dan di konsumsi lebih baik ketika panas. Chestnut panggang sebenarnya membutuhkan waktu lama untuk memasak secara menyeluruh agar bukan hanya enak rasanya tetapi agar lebih mudah untuk di kupas dan di makan. Mereka biasanya di jual dalam kantong kertas kecil dan harganya sekitar ?2000 - ?3000. Dan jajanan tersebut ditemukan di dekat rumah penduduk, stasiun kereta bawah tanah, atau sekolah. Selain dari pada itu, banyak mahasiswa muda juga yang menjual jajanan ini sebagai pekerjaan sampingan mereka.



  4. Tteokbokki

    Tteokbokki (Kue Beras Pedas Korea)

    Tteobokki adalah salah satu hidangan jalanan paling terkenal di Korea yang memiliki rasa khas pedas dan manis. Garae Tteoks panjang adalah kue beras putih yang di iris dan kemudian direbus dan disajikan pada hari raya Tahun Baru, salah satu dari hari besar di Korea. Namun Garae Tteoks dapat dinikmati sepanjang tahun. Makanan ini biasa dicampur dengan Eomuk, pasta ikan rebus dan berbagai makanan yang di goreng, dan kemudian semua ini direndam dengan paprika merah lalu dimasak diatas api. Makanan ini dapat menghangatkan tubuh Anda dan untuk segala usia pada saat musim dingin di Korea. Jajanan makanan ini biasanya berkisar mulai dari ?2500 atau ?3000 per porsi.



  5. Eomuk Skewers

    Eomuk Skewers (Pasta Ikan Rebus)

    Seperti angin dan cuaca dingin di Korea, orang disana mendambakan lezatnya Eomuk tusuk sate. Eomuk ini tidak pedas sama sekali, sehingga semua orang, termasuk anak-anak dan orang asing bisa menikmatinya. Eomuk ini biasa di campurkan dengan Tteokbokki untuk kesempurnaan sajian jajanan negara Korea itu sendiri. Sebuah Eomuk tusuk biasanya dikenakan biaya ?500 - ?700 dan mereka jual hampir disetiap jalanan musim dingin.



  6. Manduguk

    Manduguk (Sup Pangsit)

    Jajanan Manduguk ini mempunyai kelezatan yang dapat menghangatkan tubuh dan pikiran Anda. Dan dinikmati hampir semua warga Korea selama musim dingin. Agar Manduguk lebih nikmat untuk dimakan, daging sapi cincang dan juga sayuran menjadi bahan isi dari pangsit. Meskipun dimakan di setiap musimnya, Manduguk sangat lezat jika dimakan pada musim dingin bahkan enak bila dinikmati dengan Kimchi Gimjang. Dan harga dari Manduguk ini sekitar ?4000 - ?6000 per mangkuk tergantung dari pada daerah dan restorannya.



  7. Kimchi Gimjang

    Kimchi Gimjang

    Kimchi adalah makanan Korea klasik dan pada musim dingin kimchi ini disebut dengan Gimjang. Makanan ini dapat disimpan selama tiga sampai empat bulan berikutnya. Secara tradisional, Gimjang Kimchi adalah satu-satunya sayuran yang tersedia di musim dingin ketika tidak ada sayuran hijau yang dapat ditemukan. Bahan pembuatan Kimchi Gimjang seperti kubis dan lobak Cina biasanya disiapkan oleh ibu rumah tangga untuk makan selama musim dingin di Korea.



  8. Hotteok

    Hotteok (Pancake Ala Korea)

    Hotteok adalah cemilan sederhana dan manis. Selama musim dingin, tempat seperti Insa-dong banyak yang menjual pancake lezat ini. Hettoek dibuat dari bahan dasar adonan ketan tepung beras dan di isi dengan gula, kacang dan kayu manis. Berhati-hatilah jika Anda mengambil gigitan pertama, karena gula yang ada didalam pancake ini sangat panas. Dan biaya untuk satu porsi Hotteok ini adalah sekitar ?700 sampai ?1000.





Kembali Ke Atas