Temukan Beragam Destinasi Liburan Dalam 1 Aplikasi. Download Sekarang!   Get it on Google Play Get it on Appstore

Tips Liburan di Bali saat Nyepi Agar Tetap Seru


Sebentar lagi umat Hindu akan merayakan Nyepi yang jatuh pada tanggal 7 Maret 2019. Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan dengan cara mejalankan empat pantangan yang harus dipatuhi, yaitu tidak bekerja, tidak bepergian, tidak menyalakan api, dan tidak bersenang-senang. Tak terkecuali dengan umat Hindu di Bali. Jika Anda ingin melihat Bali dengan sisi sedikit berbeda, liburan di Bali saat Nyepi akan menjadi pengalaman yang berbeda. Tapi, tentunya dengan memperhatikan hal-hal berikut.

Usahakan datang ke Bali beberapa hari sebelum Nyepi

balinese-2734139_960_720

Saat hari raya Nyepi semua tempat di Bali akan ditutup, termasuk bandara dan pelabuhan.  Sebaiknya tiba di Bali dua hari atau beberapa hari sebelum Nyepi tiba agar juga bisa menyaksikan tradisi sebelum Nyepi. Dua hari sebelum Nyepi ada upacara melasti, yaitu penyucian benda yang disakralkan oleh umat Hindu di kawasan pantai, sumber mata air, dan danau. Kemudian sehari sebelum Nyepi ada prosesi ngerupuk yang memiliki makna mengusir Buta Kala, si roh jahat. Biasanya diramaikan dengan pawai ogoh-ogoh yang menjadi simbol Buta Kala.

Sediakan bekal makanan yang cukup dan juga uang cash                               

Selama Nyepi, Anda tidak diperbolehkan keluar dari penginapan dan juga melakukan aktivitas di luar ruangan. Toko dan tempat-tempat lainnya tidak ada yang buka, jadi Anda harus mempersiapkan perbekalan makanan, minuman, atau obat-obatan secukupnya selama Nyepi berlangsung.  Siapkan juga uang cash secukupnya karena mesin ATM dinonaktifkan mulai dari sore hari sehari sebelum perayaan Nyepi.

Cari fasilitas hotel yang lengkappexels-photo-1838554

Anda memang tidak diijinkan keluar hotel selama Nyepi berlangsung. Namun, Anda masih diperbolehkan untuk berjalan-jalan dan melakukan aktivitas biasanya di dalam hotel asalkan tidak mengganggu ketenangan selama hari Nyepi. Pastikan Anda menginap di hotel yang memiliki fasilitas cukup lengkap, seperti TV kabel, kolam renang, spa, gym, restoran, dan juga menyajikan pemandangan yang indah.

Menikmati langit Bali yang bersih dan penuh bintang

milky-way-2695569_960_720

Selama satu hari penuh, jalanan dan udara di Bali akan terasa lebih tenang dan bersih karena tidak ada kendaraan yang beroperasi. Udara Bali akan terasa lebih bebas dari polusi udara. Anda bisa mencoba untuk keluar dari kamar penginapan dan menikmati pemandangan sekitar hotel. Langit di Bali akan terlihat lebih jernih, bulan dan bintang-bintang akan lebih terlihat jelas dan bisa dinikmati dengan mata telanjang.

Menyaksikan tradisi omed-omedan

Sehari setelah Nyepi, diadakan tradisi omed-omedan yang merupakan wujud dari kegembiraan dan ungkapan syukur anak muda atas hasil panen dan rasa persaudaraan. Biasanya diikuti oleh warga Bali berusia 17-30 tahun yang belum menikah. Di tradisi yang terbilang unik ini para pemuda tersebut akan dibagi menjadi dua kelompok. Kemudian orang yang berada di urutan paling depan akan saling tarik-tarikan, berpelukan, atau berciuman sambil disiram air.

Jadikan Golden Rama Tours & Travel pintu gerbang Anda menuju destinasi yang luar biasa.   


Kembali Ke Atas