Temukan Beragam Destinasi Liburan Dalam 1 Aplikasi. Download Sekarang!   Get it on Google Play Get it on Appstore

Road Trip Keliling Pulau Jawa, Inilah Kota-kota yang Wajib Disinggahi


Road Trip dapat menjadi pilihan bagi Anda untuk mengisi liburan akhir tahun. Road trip dianggap menjadi cara liburan yang menarik dan lebih aman di tengah pandemi karena menggunakan kendaraan pribadi sehingga tidak perlu bertemu orang lain seperti naik transportasi umum. Liburan pun menjadi lebih fleksibel, Anda dapat singgah di beberapa kota dan lebih banyak menjelajah destinasi wisata lainnya. Salah satu ide road trip yang dapat dilakukan adalah keliling Pulau Jawa. Jika Anda memulai road trip dari Jakarta, kota-kota berikut ini jangan sampai ketinggalan untuk disinggahi.


Yogyakarta




Prambanan pixabay


Dapat dibilang Yogyakarta adalah kota yang lengkap sebagai tujuan wisata. Dimulai dari wisata alam, Jogja punya Gunung Merapi, Goa Jomblang, Pantai Parangtritis, Hutan Pinus Imogiri, Air Terjun Sri Gethuk, hingga Gumuk Pasir Parangkusumo. Untuk wisata budaya, ada Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, Museum Benteng Vredeburg, dll. Wisata kulinernya pun tak kalah populer, beberapa kuliner khas Jogja yang sudah banyak digemari, di antaranya Gudeg, Sate Klatak, Nasi Tiwul, dan Bakpia Pathok.


Solo




timlo jatenglive


Jika singgah di Solo, wajib wisata kuliner. Solo, kota yang letaknya tidak jauh dari Jogja ini terkenal sebagai salah satu surga kuliner di Indonesia. Terdapat beragam kuliner khas Solo yang mampu memanjakan lidah Anda, misalnya Timlo, Tengkleng, Nasi Liwet, Serabi, Selat Solo, Brambang Asem, dan Sate Buntel. Selain wisata kuliner, Anda juga dapat wisata belanja batik dan lainnya dengan mengunjungi Pasar Klewer.


Semarang


Kota Semarang masih cukup kental akan wisata sejarahnya. Salah satu destinasi wisata sejarah di Semarang yang populer adalah Kota Lama Semarang dan Lawang Sewu. Di Kota Lama Semarang Anda dapat menemukan bangunan-bangunan dengan arsitektur era kolonial Belanda. Meski sudah berusia ratusan tahun, kondisi bangunannya masih bagus dan kokoh. Selain Kota Lama, ada juga Lawang Sewu, sebuah bangunan yang dulunya merupakan kantor kereta api zaman Hindia Belanda. Sesuai dengan namanya, bangunan ini memiliki pintu berjumlah seribu. Hal ini yang membuat bangunan ini unik.


Malang




pixabay pixabay


Yang membedakan Malang dengan kota lainnya adalah adanya Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Belum lengkap rasanya menjejakan kaki di Malang tanpa mengunjungi Gunung Bromo dan menantikan sunrise dari puncaknya. Atau jika Anda kurang suka pergi ke gunung, Anda dapat pergi ke kawasan Batu. Di Batu ada banyak destinasi wisata menarik, di antaranya Museum Angkut, Jatim Park, dan Batu Night Spectacular.


Banyuwangi




pixabay pixabay


Banyuwangi, kota paling timur di Pulau Jawa ini memiliki destinasi wisata alam yang lengkap. Banyak hal yang dapat Anda lakukan di sini, seperti melihat api biru di Kawah Ijen, menelusuri pepohonan Hutan De Djawatan, menikmati suasana ala Afrika di Taman Nasional Baluran, dan snorkeling di Pulau Tabuhan. Atau jika ingin sekalian menyeberang ke Bali pun bisa dari kota ini.


Tertarik untuk road trip ke destinasi-destinasi tersebut? Sebelum pergi pastikan kendaraan dalam keadaan baik. Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan.


Jadikan Golden Rama Tours & Travel pintu gerbang Anda menuju destinasi yang luar biasa.


Kembali Ke Atas