Temukan Beragam Destinasi Liburan Dalam 1 Aplikasi. Download Sekarang!   Get it on Google Play Get it on Appstore

Liburan di Gold Coast, Wajib Naik Balon Udara


Persiapan sebelum naik ke balon udara saat berwisata di Gold Coast, Queensland

Sekali seumur hidup, cobalah untuk berwisata dengan menaiki balon udara. Pengalaman tersebut setimpal dengan harga yang dibayar. Apalagi saat melihat daratan dengan lembah hijau dan matahari terbit atau terbenam.

"Untuk naik balon udara, harus bangun lebih pagi dan tepat waktu. Karena kita berangkat bersama grup lain, pukul 04.00 mengejar matahari terbit, kalau telat sedikit bisa ditinggal jemputan," kata kata Market Manager Tourism and Events Queensland, Tjoa Su Yen saat media trip bersama Golden Rama Tours & Travel di Gold Coast.

Saran Su Yen untuk bangun lebih pagi untuk naik balon udara bukan tanpa alasan. Selain orang Australia terkenal sangat tepat waktu, pilot balon udara juga harus menyesuaikan waktu terbang. Pagi hari jelang matahari terbit dan sore hari jelang matahari terbenam adalah waktu terbaik untuk menerbangkan balon udara. Sebab udara pada saat tersebut cenderung stabil dan tak berangin.

Pemandangan matahari terbit, terlihat saat naik balon udara di Gold Coast, Queensland, Australia

Di Gold Coast, lokasi menerbangkan balon udara berada di beberapa titik. Namun yang paling terkenal adalah area Canungra. Jarak tempuh Canungra dari Gold Coast sekitar satu jam perjalanan.

Saat di perjalanan, pemandu akan menjelaskan apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan saat naik balon udara. Termasuk apa yang boleh dibawa, dan posisi saat mendarat.

Saat yang ditunggu tiba. Balon udara mulai dikembangkan dan penumpang mulai dinaikkan satu persatu. Satu balon udara dapat memuat sekitar 20 orang penumpang.

Dinginnya udara pagi Canungra langsung hilang ketika balon udara dinaikan dan api terus ditiupkan untuk mengempaskan balon udara. Lama kelamaan, pemandangan lembah hijau dan peternakan di Canungra mulai tampak. Matahari yang tadi sembunyi kini mulai memunculkan diri secara pelahan.

"Inilah Gold Coast dari udara!" kata pilot balon udara, Sean. Pria asal Kanada ini mengatakan bahwa Gold Coast di Australia adalah salah satu tempat terindah untuk melihat pemandangan dengan balon udara.

Di ketinggian 900 kaki, pemandangan jadi begitu indah dan menghanyutkan. Sebab balon udara termasuk kegiatan wisata yang tenang dengan tempo terbang yang pelan dan halus.

Pemandangan Canungra dari atas balon udara

Lama penerbangan sekitar satu jam akhirnya harus berakhir. Sebelum mendarat, para penumpang diminta untuk melakukan posisi pendaratan dengan lutut yang sedikit ditekuk dan punggung yang ditempel ke busa balon udara. Pendaratan berakhir mulus, dan semua gembira.

Belum selesai, karena kru dari operator balon udara yakni Hot Air harus meminta bantuan kepada para peserta untuk mengempiskan dan melipat balon udara yang beratnya mencapai 150 kilogram. Semua penumpang kerja bakti untuk melipat balon udara yang ternyata menjadi begitu menyenangkan!

Setelah 'berolahraga' melipat balon udara, penumpang kemudian diantar ke O'Reilly's Grand Homestead and Vineyard untuk sarapan di rumah kebun anggur. Di sana peserta wisata balon udara juga dapat mencicipi anggur buatan perkebunan tersebut.

Akhirnya wisata balon udara selesai dan peserta diantar kembali ke hotel masing-masing. Harga untuk ikut paket wisata balon udara ini adalah 280 dollar Australia atau sekitar Rp 2,8 juta. Sangat setimpal dengan pengalaman yang didapatkan. Akhirnya membuat banyak penumpang ingin menjajal wisata balon udara di negara lain dengan pemandangan yang berbeda pula.


Keywords :
Kembali Ke Atas