Temukan Beragam Destinasi Liburan Dalam 1 Aplikasi. Download Sekarang!   Get it on Google Play Get it on Appstore

Keunikan Budaya Suku Maori


Sebagai suku pertama yang menghuni New Zealand, Suku Maori memiliki keunikan budaya tersendiri, seperti berikut ini.


Kapa Haka – Pertunjukan Maori


Kapa Haka merupakan tari tradisional suku Maori yang biasa dilangsungkan di area perang. Tarian ini menunjukan simbol kebanggaan, kekuatan, dan kesatuan suatu suku. Gerakan yang ditampilkan meliputi hentakan kaki yang keras, juluran lidah, dan tepukan tubuh yang diiringi dengan nyanyian keras.


kapa haka


Kini, Tarian Haka masih ditampilkan saat upacara Maori, perayaan menyambut tamu, dan acara penting lainnya, seperti acara keluarga, ulang tahun, atau pernikahan. Tarian Haka juga dipertunjukan di lapangan oleh sebuah tim olahraga sebelum bertanding.


Toi- Kesenian Suku Maori


Ada dua kesenian kreatif yang menonjol dari Suku Maori, yaitu seni menenun dan seni ukir. Secara tradisi, menenun dilakukan oleh wanita. Dalam proses menenun, Suku Maori menggunakan rami Selandia Baru (harakeke) untuk membuat jubah, keranjang, alas, dan barang-barang praktis lainnya. Mereka menenun secara tradisional, yaitu dengan tangan. Pewarna yang digunakan pun pewarna alami.




menenun maori newzealand.com



Jika secara tradisi menenun dilakukan oleh wanita, maka mengukir (Whakairo) dilakukan oleh pria. Mereka biasanya membuat kerajinan ukiran berupa hiasan berharga, senjata, perkakas, alat musik, dan kano. Pola ukiran Suku Maori kaya akan simbolisme dan menggunakan pola-pola umum yang seringkali terinspirasi oleh lingkungan alam.




mengukir maori newzealand.com


Powhiri – Penyambutan Suku Maori


Powhiri merupakan tradisi upacara penyambutan yang dilakukan Suku Maori yang pada umumnya bertempat di marae (tempat perkumpulan Maori). Upacara ini diawali dengan sebuah tantangan. Di luar marae, tuan rumah akan menantang tamu kemudian meletakan benda penanda biasanya dahan kecil, untuk memastikan mereka kawan atau lawan. Jika benda tersebut diambil oleh tamu, itu menandai mereka datang dalam damai.




powhiri newzealand.com


Kemudian akan ada pidato dari perwakilan masing-masing kelompok. Lalu dilanjutkan dengan tamu menyampaikan hadiah kepada tuan rumah. Di akhir upacara, tuan rumah dan tamu akan saling menyapa dengan hongi, yaitu upacara saling bersentuhan hidung.




hongi newzealand.com


Tertarik mengunjungi perkampungan Suku Maori dan belajar lebih banyak tentang budayanya? Segera pesan Tour New Zealand di Golden Rama.


Jadikan Golden Rama Tours & Travel pintu gerbang Anda menuju destinasi yang luar biasa.


Kembali Ke Atas