Temukan Beragam Destinasi Liburan Dalam 1 Aplikasi. Download Sekarang!   Get it on Google Play Get it on Appstore

Jalan-Jalan ke Australia, Jangan Lupa Cicipi 5 makanan khas ini


Kue lamington, makanan penutup khas Australia

Australia tidak hanya kaya akan wisata alamnya. Namun, Negeri Kanguru ini juga dikenal dengan berbagai macam makanan khas yang lezat. Mereka juga punya deretan minuman yang mendunia, salah satunya adalah anggur.

Anggur buatan Australia memang sudah diketahui kualitasnya. Hal ini tidak lepas dari ribuan hektare perkebunan anggur yang terdapat di negara tersebut. Tetapi, kali ini Anda akan lebih banyak mengetahui makanan khas Australia yang juga sudah dikenal dunia.

Beberapa makanan itu antara lain, pavlova, vegemite, meat pie, kue lamington hingga steak kanguru. Deretan makanan itu ada yang melegenda dan memiliki kisah tersendiri. Penasaran?

www.taste.com.au www.taste.com.au



Pertama pavlova, yakni sejenis meringue ringan yang memiliki rongga dan dilapisi dengan irisan buah dan krim kocok. Meringue sendiri merupakan makanan pencuci mulut tradisional Prancis yang terbuat dari putih telur kocok dan beberapa bahan tambahan.

Berdasarkan referensi, kue satu ini sudah melegenda. Karena awalnya diciptakan untuk memperingati kunjungan balerina Rusia yang bernama Anna Pavlova ke Australia dan Selandia Baru dalam tur baletnya pada awal abad ke-20.

Karena diisi dengan krim kocok, maka rasa lembut akan begitu kental saat memasuki mulut Anda. Irisan buah di atasnya membuat kesegaran berbeda saat mencicipinya.

Vegemite, selai khas Australia

Makanan selanjutnya, vegemite. Yakni selai khas Australia yang memiliki rasa berbeda dari selai pada umumnya. Biasanya disajikan dengan roti, biskuit craker, kue kering atau sandwich.

Bagi Anda warga non Australia dijamin bakal sedikit mengerutkan dahi saat pertama kali mencobanya. Rasanya asin, sedikit pahit mirip dengan kaldu sapi. Cita rasa ini dihasilkan dari ekstrak ragi bir yang tersisa dengan tambahan sayuran dan rempah-rempah.

Tidak terlalu sulit untuk mencari vegemite di Australia, toplesnya bening dengan label merk yang didominasi berwarna kuning.

Yang ketiga, meat pie. Dari namanya, dapat diketahui bahwa makanan ini merupakan jenis pie yang diisi dengan potongan daging yang dibentuk seperti dadu atau dicincang halus. Biasanya ditambah dengan bawang, jamur, keju. Rasanya gurih, lebih nikmat jika disajikan dengan saus sambal maupun tomat.

Pie daging dianggap ikon di Australia maupun Selandia Baru. Pie daging disebutkan sebagai salah satu makanan nasional untuk kedua negara tersebut.

Kue lamington, makanan penutup khas Australia

Makanan keempat yang wajib Anda coba adalah, lamington. Asal muasal nama lamington sendiri masih belum terungkap pasti. Versi sejarah paling kuat menceritakan bahwa kue itu berasal dari nama Gubernur Queensland di tahun 1896 hingga 1901 yakni Lord Lamington. Maurice French, profesor sejarah dari Emeritus di University of Southern Queensland lah yang mencoba menelaah nama tersebut.

Penemu resep kue itu juga belum pasti, disebutkan bahwa seorang koki dari Lord Lamington, Armand Galland lah yang menemukan resep kue itu. Dikatakan, Armand kaget saat diminta membuat masakan ketika kedatangan tamu tak terduga, alhasil bahan baku kue yang saat itu terbatas pun dikeluarkan. Ternyata, kue itu begitu dicintai, hingga akhirnya menyebar ke seantero Australia.

Ketika mencicipi, kelezatan lamington memang tak dapat diragukan. Bolu halus dilapisi coklat dan ditutup dengan parutan kelapa kasar begitu kental di mulut. Perpaduan rasa coklat dengan bolu halus dan parutan kelapa membuat rasa manis dan gurih yang nikmat pada kue tersebut.

Kini, banyak variasi yang digunakan warga Australia untuk membuat kue ini, mulai dari lapisan polos (tanpa isi), hingga diselipkan rasa strawberry atau lainnya.

Dan yang terakhir ialah steak kanguru. Australia memang menjadi negara endemic hewan berkantung ini. Tidak terlalu sulit untuk bertemu hewan satu ini, hingga pada akhirnya menjadi salah satu makanan khas yang patut untuk dicoba.

Steak kanguru tidak jauh berbeda dengan steak pada umumnya. Hanya saja bahan baku utamanya ialah daging kanguru. Daging hewan satu ini dirasakan sedikit manis dengan tekstur yang tidak kalah lembut dengan daging sapi.

Menikmati steak kanguru semakin nikmat dengan tambahan salad, kentang goreng lalu saus barbeque atau saus sambal.

Itu tadi 5 makanan khas Australia yang wajib Anda cicipi. Penasaran? Yuk jalan-jalan ke Australia lebih mudah bersama Golden Rama Tours and Travel, karena banyak pilihan paket Australia.

Jadikan Golden Rama Tours & Travel pintu gerbang Anda menuju destinasi yang luar biasa.

 


Kembali Ke Atas