Temukan Beragam Destinasi Liburan Dalam 1 Aplikasi. Download Sekarang!   Get it on Google Play Get it on Appstore

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mengajukan Pembuatan Visa


coba

Visa merupakan sebuah dokumen yang menjadi surat ijin bagi seseorang untuk memasuki suatu negara. Kalau paspor dikeluarkan oleh negara asal pemohon, sedangkan kalau visa dikeluarkan oleh negara tujuan yang akan didatangi.

Jenis Visa

Berdasarkan kebutuhan dan waktu mendapatkannya, jenis visa dibagi menjadi sebagai berikut:

Visa Sebelum Kedatangan


Visa ini diurus dan didapatkan sebelum memasuki negara tujuan. Cara mendapatkannya adalah dengan mengajukan ke kantor kedutaan besar negara tujuan atau bisa juga menggunakan travel agent.


Visa on Arrival


Visa on Arrival baru dapat diurus saat tiba di negara tujuan, termasuk pembayarannya. Nantinya imigrasi negara tujuan akan memberikan cap atau stiker saat pengunjung tiba di tempat tujuan.


eVisa


eVisa didapatkan dengan mengajukan pendaftaran dan data diri secara online. Pembayarannya pun dilakukan secara online menggunakan kartu kredit. Nantinya jika disetujui, eVisa akan dikirim berupa soft copy ke email pendaftar.


Bebas Visa


Bebas visa artinya untuk berkunjung ke negara tersebut tidak memerlukan visa. Hanya diperlukan paspor dan identitas diri. Namun, beberapa negara tujuan akan meminta dokumen tambahan lainnya, seperti tiket pulang pergi.


Cara Membuat Visa

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk mengajukan pembuatan visa. Dilansir dari situs www.indonesia.go.id berikut adalah tahapan-tahapannya:

1. Mencari informasi tentang persyaratan dokumen serta melakukan pendaftaran untuk reservasi jadwal wawancara dan verifikasi dokumen

Persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan visa pada tiap negara tidak selalu sama. Biasanya website kedubes negara-negara tersebut mencantumkan persyaratan pengajuan visa dan juga form pendaftaran yang dapat diunduh. Untuk pendaftaran dan reservasi jadwal wawancara dapat menghubungi kedubes negara yang bersangkutan via telp atau email.

2. Mempersiapkan dokumen

Beberapa negara menerapkan persyaratan dan peraturan yang lebih detail soal dokumen yang diperlukan untuk mengajukan pembuatan visa. Namun, secara umum dokumen yang dibutukan untuk pengajuan visa adalah sebagai berikut.

  • Paspor (asli dan fotokopi)

  • KTP (asli dan fotokopi)

  • Formulir permohonan (biasanya didapat dari website resmi kedubes negara bersangkutan)

  • Foto

  • Bukti pembayaran visa

  • Surat keterangan sponsor (surat rekomendasi dari pihak yang ada di negara tujuan)

  • Surat keterangan kerja/ belajar

  • Dokumen keuangan berupa slip gaji atau rekening koran atau buku tabungan (asli dan fotokopi)

  • Jadwal perjalanan (itinerary) dan tiket pesawat

  • Surat keterangan kesehatan


3. Menyerahkan dokumen dan wawancara

Pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah dilengkapi sebelum datang ke kedubes  atau kantor pengurusan visa untuk menyerahkan dokumen serta wawancara (bila dibutuhkan). Jika semua sudah lengkap, maka Anda akan diminta untuk membayar biaya visa.

4. Pengambilan visa

Proses pembuatan visa biasanya minimal 4 hari kerja atau tergantung banyaknya pemohon yang membuat visa tersebut. Anda akan mendapat notifikasi untuk mengambil visa jika sudah disetujui.

Sebelum membuat visa, jangan lupa untuk memesan tiket pesawat atau tour di Golden Rama.

Jadikan Golden Rama Tours & Travel pintu gerbang Anda menuju destinasi yang luar biasa.


Kembali Ke Atas