Temukan Beragam Destinasi Liburan Dalam 1 Aplikasi. Download Sekarang!   Get it on Google Play Get it on Appstore

Fakta Menarik Festival Songkran di Thailand


Setiap negara memiliki daya tariknya tersendiri, baik dari segi wisata alam, budaya, kuliner, maupun belanja. Begitu pula dengan Thailand, Negeri Gajah Putih ini tidak hanya memiliki tempat wisata menarik, namun juga memiliki kebudayaan dan festival yang seru. Salah satunya adalah Festival Songkran yang memiliki fakta menarik berikut ini.


Sebagai peringatan tahun baru Buddha


Setiap tahunnya Festival Songkran dirayakan selama 3 hari, yaitu pada 13 April – 15 April sebagai peringatan tahun baru Buddha. Namun, di beberapa kota di Thailand ada yang merayakannya hingga 5 hari.


Sebagai ritual rohani dan membersihkan diri dari dosa


songkran2


Bagi warga Thailand, air menjadi simbol membersihkan diri dari dosa dan nasib buruk. Festival Songkran dipercaya sebagai hari pembersihan diri dari segala kesalahan di masa lalu. Pada festival ini, para warga Thailand akan melakukan pencucian patung Buddha atau menyemprotkan air wangi. Bukan hanya itu, mereka juga akan melakukan perang air, yaitu saling menyiramkan air dengan pistol-pistolan air selang, atau pun ember.


Ada pantangan selama Songkran                                     


Saat perayaan Songkran ada larangan untuk menaruh hewan di dalam kandang. Jadi, pada hari itu burung-burung akan dibiarkan keluar dari sangkarnya dan ikan-ikan akan dilepaskan ke alam bebas. Hewan-hewan peliharaan juga akan dilepas dari kandang dan dibiarkan bebas.


Warga lokal dan turis saling perang air


songkran1


Tidak hanya warga Thailand saja yang saling menyemprotkan air. Namun, wisatawan asing yang datang ke Thailand pada saat Festival Songkran berlangsung juga akan terkena tembakan air atau tepung. Selain itu, festival ini juga akan dimeriahkan oleh gajah-gajah yang ikut menyemprotkan air dengan belalainya. Jadi, bersiap untuk basah-basahan saat liburan ke Thailand saat perayaan Songkran.


Perayaan paling meriah ada di Bangkok


Seluruh wilayah di Thailand merayakan Songkran, tetapi yang paling meriah dan ramai ada di Chiang Mai, Phuket, dan terutama Bangkok yang menjadi ibukota Thailand dan juga menjadi kota yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Di kawasan Khao San Road, Bangkok, Anda bisa menemukan banyak turis ikut berperang air dengan warga lokal. Bahkan mungkin di kawasan ini jumlah turis akan lebih banyak dibanding warga lokalnya.


Penasaran ingin melihat kemeriahan Festival Songkran? Segera terbang ke Bangkok dengan membeli tiket pesawat di Golden Rama.


Jadikan Golden Rama Tours & Travel pintu gerbang Anda menuju destinasi yang luar biasa. 


Kembali Ke Atas