Temukan Beragam Destinasi Liburan Dalam 1 Aplikasi. Download Sekarang!   Get it on Google Play Get it on Appstore

Fakta Menarik dari Melbourne, Kota yang Layak Dihuni


foto: www.melbourne.vic.gov.au foto: www.melbourne.vic.gov.au



Australia memang memiliki banyak kota-kota indah. Tak heran apabila kota-kota tersebut selalu ramai wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Keindahan dan suasana kota yang tertib menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang mau mengunjunginya.

Salah satu kota yang tidak pernah sepi ialah Melbourne. Ibu kota negara bagian Victoria ini selalu ramai. Banyak alasan mengapa kota seluas 8.831 km2 menjadi salah satu favorit untuk didatangi saat musim liburan tiba.

Sejumlah fakta mengenai Melbourne bisa jadi merupakan alasan wisatawan memasukkan kota ini ke dalam itinerary mereka saat libur. Mau tau fakta soal Melbourne?

Tahukah Anda, bahwa Melbourne merupakan ibu kota Australia selama 26 tahun antara 1901 dan 1927 sebelum ibu kota pindah ke Canberra. Meski begitu, Melbourne tetap menjadi salah satu kota penting di Negeri Kanguru tersebut.

Selanjutnya, Melbourne merupakan kota dengan rute trem terbesar di luar Eropa dan terpanjang keempat di dunia. Diketahui, rute trem di kota ini memiliki panjang 250 km dengan total 493 kereta untuk 24 rute dari 1763 pemberhentian.

Selain memiliki sistem transportasi yang bagus, keramahan warga sekitar ditambah berbagai fasilitas kebutuhan dan kualitas udara yang baik, Melbourne merupakan salah satu kota yang layak untuk dihuni, sebagaimana dilansir www.experienceoz.com.au.

Buat Anda yang jalan-jalan ke Melbourne, tidak perlu khawatir untuk mencari tempat makan atau minum kopi. Dituliskan situs yang sama, kota ini memiliki jumlah restoran dan kafe tertinggi per orang dibandingkan dengan kota lain di dunia. Menarik bukan?

Meski memiliki restoran dan kafe yang banyak, kota ini punya sejarah yang unik. Karena, hingga tahun 1966 pub di Melbourne hanya boleh buka hingga jam 6 sore. Tetapi, saat ini peraturan tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Sementara itu, berbicara mengenai masyarakatnya, diketahui, Melbourne adalah rumah bagi populasi bagi masyarakat Italia dan Yunani tertinggi di dunia di luar negara mereka sendiri. Pada tahun 2013, sekitar 38% penduduk Melbourne lahir di luar negeri. Seseorang yang tinggal atau berasal dari Melbourne disebut Melbournian.

Nah, jika Anda saat ini bekerja di perusahaan dengan total jam kerja 8 jam, patut diketahui bahwa peraturan ini pertama kali ada di Melbourne. Yang mana pada 1856, pekerja Melbourne berhasil berkampanye untuk kerja 8 jam/hari pertama di dunia.

Biar enggak penasaran, lebih baik langsung saja jalan-jalan menikmati keindahan kota Melbourne. Biar lebih mudah, Golden Rama Tours and Travel punya penawaran paket menarik melalui 4 hari LIHAT MELBOURNE FREE & EASY mulai dari Rp 3 jutaan.


Kembali Ke Atas