Temukan Beragam Destinasi Liburan Dalam 1 Aplikasi. Download Sekarang!   Get it on Google Play Get it on Appstore

Cetak Prestasi Tanpa Batas di Marathon 2019


berlin martahon


Marathon merupakan perlombaan lari jarak jauh dengan jarak tempuh sejauh 42,2 km. Kata Marathon awalnya merupakan nama sebuah daerah di Yunani. Singkat cerita, seorang bernama Pheidippides berlari dari kota Marathon menuju Athena sejauh 42.2 km tanpa henti untuk mengabarkan kemenangan Yunani atas peperangan sebelum akhirnya meninggal karena kelelahan.


Marathon akhirnya menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan di Olympic Games mulai tahun 1896. Sejak saat itu, olahraga ini mulai digemari oleh orang-orang di seluruh dunia, temasuk di Indonesia baru-baru ini.


Sebuah perusahaan bernama Abbott akhirnya membuat event marathon bergengsi di dunia, Abbott World Major Marathons (WMM). Ajang lomba lari terbesar ini pada awalnya hanya terdiri dari 5 Marathon saja. Namun pada tahun 2007, Tokyo bergabung menjadi salah satu bagian dari Abbott WMM. Tentunya, bukan hanya medali biasa yang dapat didapatkan bagi para peserta yang mampu mencapai garis akhir. Abbott juga menjanjikan Six-Star Medal, apabila peserta sudah selesai mengikuti dan tercatat dalam ke-6 marathon yang akan dibahas berikut ini:


1. B.A.A Boston Marathon


Berawal pada tahun 1896 dimana Amerika turut berpartisipasi dalam Olimpiade era modern, yang menginspirasi para atlet untuk mengadakan perlombaan di negaranya. Kemudian pada tahun 1897, pertama kali ajang lomba lari marathon ini diselenggarakan.  Acara ini diadakan setiap tahunnya pada  Patriot’s Day di pertengahan April. Di tahun 2019 ini, B.A.A Boston Marathon kembali diadakan pada tanggal 15 April 2019. Meskipun pendaftaran untuk menjadi peserta lari sudah ditutup, Anda masih bisa turut berpartisipasi dengan melakukan donasi ke yayasan resmi yang sudah ditentukan. Bagi para peserta lari, mereka akan berlari sejauh 42,2 Km dari Hopkinton hingga garis akhir yang berlokasi di Copley Square. Namun, tidak sembarang orang bisa mengikuti B.A.A Boston Marathon ini, para peserta harus lolos dalam seleksi yang sudah ditentukan yang nanti kemudian bisa menjadi peserta lari nantinya dalam Boston Marathon ini.


2. TCS New York Marathon


Abbot WMM juga diselenggarakan di New York, dengan jumlah peserta marathon terbanyak di dunia. Tercatat sudah lebih dari 1 juta orang yang melewati garis akhir sejak marathon ini pertama kali diadakan di tahun 1970. Di tahun ini, TCS New York Marathon akan diselenggarakan tanggal 3 November 2019, dengan rute yang berawal dari Stanten Island, kemudian Brooklyn, Queens dan The Bronx, yang nantinya berakhir di Tavern on The Green  di Central Park. Pendaftara yang membuka slot peserta hingga 600.000 calon pelari ini cukup mendaftarkan nama saat pengundian lotere pada awal januari, jika nama Anda terpilih dan lolos, Anda bisa menjadi salah satu peserta di TCS New York Marathon.


3. Virgin Money London Marathon


Pertama kali diselenggarakn tahun 1981, ajang lomba lari ini kemudian disponsori oleh Virgin Money pada tahun 2010. Ajang yang dilakukan setiap tahunnya pada musim semi ini berawal saat John Disley dan Chris Brasher ,mengikuti NYC Marathon dan juga Boston Marathon di tahun 1979. Akhirnya dengan keinginan mereka untuk mengadakan event yang sama, mereka pun bekerjasama dengan Gillette dan mendapatkan dana sebesar £75.000 untuk mengadakan London Marathon ini. Kini, London Marathon akan kembali diadakan pada tanggal 28 April 2019, dengan jarak 42,2 Km para peserta berlari dari Greenwich Park, St. John’s Park, serta Shoother’s Hill Road yang nantinya akan bergaris akhir di Jamaes Palace. Tentu ajang lari ini juga mengadakan kegiatan amal di mana saat ini tercatat jumlah donasi terbesar mecapai £64,5 juta.


4. BMW Berlin Marathon


Menjadi ajang marathon di mana peserta bernama Eliud Kipchoge meraih World Record menjadi pelari tercepat di tahun 2018, kini BMW Berlin Marathon siap untuk mencatatkan nama peserta lainnya dalam World Record. BMW Berlin Marathon ini dikenal dengan rute terbaik diantara 5 lainnya. Marathon pertama yang diselenggarakan 1981 ini berlokasi di Jerman Barat, dengan rute yang tetap sama hingga saat ini. BMW Berlin Marathon tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 29 September 2019, dengan garis awal pada Brandenburg Gate, kemudian memutar melewati Charlottenburg, Tiergarten. Dan terus memutar ke hingga berakhir kembali di Brandenburg Gate.


5. Bank of America Chicago Marathon


Berawal di tahun 1977, Chicago Marathon ini menjadi ajang lari teramai baik dalam hal pedukung yang memberi semangat dan semangat para peserta yang turut serta dalam acara ini.  Dengan jumlah peserta yang sudah mencapai 45.000 orang dan juga perkiraan jumlah penonton sebanyak 1.7 juta orang ini akan kembali diselenggarakan tanggal 13 Oktober 2019, calon peserta yang ingin berpartisipasi cukup mendaftarkan nama untuk diunidi pada bulan desember. Para peserta nantinya akan berlari mengelilingi kota Chicago, yang bergaris awal dan akhir di Grant Park.


6. Tokyo Marathon


Pada tahun 2007, Tokyo juga mengadakan ajang lomba lari marathon untuk pertama kalinya. Meskipun terbilang junior dengan jarak terbang yang tidak terlalu jauh ini menjadi salah satu ajang lomba lari yang paling digemari untuk pelari yang berasal dari Asia, terutama Indonesia. Setelah kurang lebih 6 tahun berjalan, di tahun 2013, Tokyo Marathon baru terpilih sebagai ajang lomba lari marathon terakhir dalam seri Abbott WMM dan juga terbesar se-Asia. Tahun ini, pada 3 Maret 2019, Tokyo Marathon kembali diselenggarakan dengan jumlah peserta sebanyak 38.000 pelari. Meskipun pendaftaran untuk menjadi calon pelari sudah ditutup, Anda juga bisa turut serta dalam acara ini dengan cara berdonasi pada organisasi yang sudah ditentukan. dengan rute yang bergaris awal di Tokyo Metropolitan Governmment, para pelari harus berlari tanpa henti hingga mencapai garis akhir di Tokyo Stastion, Gyoko Dori.


Jadikan Golden Rama Tours & Travel pintu gerbang Anda menuju destinasi yang luar biasa.


Kembali Ke Atas